Sabtu, 10 November 2012

APAKAH ANDA SEORANG PENDENGAR YANG BAIK ? Posted by Matsutono,S.Pd
1. Saya selalu mendengarkan dengan baik. 2. Ketika orang berbicara, saya sering memperhatikan apa yang ada di sekitar saya. 3. Saya akan memotong pembicaraan apabila ada hal-hal prinsipil yang bertentangan. 4. Saya tidak pernah berkomentar saat orang lain sedang berbicara kepada saya. 5. Ketika orang bercerita kepada saya, saya selalu memperhatikan. 6. Saya akan berpikir dua kali jika orang yang berbicara kepada saya mempunyai konsep yang berbeda. 7. Saya mampu berkonsentrasi pada lebih dari satu pembicaraan. 8. Saya berkomentar setelah orang lain selesai berbicara. 9. Saya sangat tertegun melihat orang yang sedang memberikan pesan. 10. Saya bisa mendengarkan orang berbicara sambil mendengarkan musik di earphone. 11. Saya sangat menaruh perhatian kepada pembicara. 12. Kecurigaan saya tinggi saat mendengarkan parpol yang berbeda dengan parpol idola saya, disaat parpol itu berorasi. 13. Setiap saya menyanggah, pembicara selalu menerima sanggahan saya. 14. Apapun yang disampaikan, saya selalu memperhatikan. 15. Saya terkesima mendengarkan pidato yang ia sampaikan. 16. Sanggahan saya tidak diterima oleh pembicara, karena berbeda prinsip. 17. Walaupun saya sedang berbicara kepada teman di sebelah, namun saya masih menyimak apa yang disampaikan pembicara. 18. Saya akan bertanya/berkomentar apabila si pembicara telah mengijinkan. 19. “Silence is golden”, adalah moto saya disaat mendengarkan. 20. Saya tidak pernah menyinggung perasaan si pembicara disaat saya menginterupsi/memotong pembicaraan, 21. Terkadang saya serius mendengarkan apa yang disampaikan. 22. Saya tetap berkonsentrasi untuk mendengarkan pesan yang disampaikan. 23. Hati kecil saya tidak sependapat melihat orang lain selalu memotong pembicaraan. 24. Telinga saya rasanya mau pecah kalau si pembicara monoton dalam menyampaikan pesan. 25. Barangkali karena kesopanan saya, sehingga pembicara tidak tersinggung ketika saya menyanggah pesan yang disampaikannya. 26. Saya akan berkomentar jika pembicara telah mengijinkan. 27. Saya selalu mendengarkan dengan serius. 28. Saya bisa mdndengarkan orang berbicara sambil mendengarkan orang lain. 29. Saya mampu menebak apa yang akan ia sampaikan berikutnya. 30. Saya sangat tertegun mendengarkan pidato yang ia sampaikan. 31. Saya akan memotong pembicaraan apabila ada hal-hal yang bertentangan. 32. Saya tidak pernah berkomentar saat orang lain sedang berbicara kepada saya. 33. Diam adalah hal yang paling saya senangi dalam hal mendengarkan orang yang sedang berbicara. 34. Sanggahan saya ditolak oleh pembicara. 35. Saya mampu berkonsentrasi lebih dari satu pembicaraan. 36. Saya akan meminta kepada si pembicara untuk mempertegas ucapannya jika saya merasa kurang jelas. 37. Saya akan tetap berkonsentrasi ,mendengarkan pesan apapun. 38. Saya tidak pernah menyinggung perasaan pembicara dalam hal memotong pembicaraan. 39. Walaupun saya tidur, saya tetap mengikuti apa yang disampaikan pembicara kepada saya. 40. Apapun yang disampaikan, saya selalu mendengarkan. Penilaian : 1 4 5 8 9 11 14 15 18 19 22 23 26 27 30 32 33 36 37 40 2 3 6 7 10 12 13 16 17 20 21 24 25 28 29 31 34 35 38 39 0-3 : Tidak mau mendengar 4-7 : Kurang mau mendengar 8-12 : Cukup mau mendengar 13-17 : Baik mau mendengar 18-20 : Superior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar