Jumat, 21 Januari 2011

KIAT-KIAT MEMBAGI WAKTU

Salah satu barang yang paling berharga dalam hidup ini adalah bagaimana seseorang mampu mengelola waktu yakni menggunakan waktu itu seefisen dan seefektif mungkin dalam kehidupannya. Mengelola waktu untuk diri sendiri, pekerjaan, keluarga serta teman-teman. Bagaimana caranya ? Berikut kiat-kita yang jitu apabila dilaksanakan dengan serius dan konsisten.

1. Tetapkan Goal atau Tujuan.
Tetapkan goal atau tujuan yang ingin dicapai dalam hidup anda. Sehingga anda akan mengetahui dengan tepat sebenarnya apa yang anda inginkan dan bagaimana cara mencapainya.

2. Tentukan tujuan
Tentukan tujuan untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Apa yang harus dilakukan dan cara mencapainya. Tujuan yang ingin dicapai tidak harus terlalu banyak,karena agar mudah untuk dievaluasi hasilnya.

3. Mengatur Prioritas
Buatlah skala prioritas dari tujuan-tujuan yang anda buat. Urutkan mana diantara tujuan-tujuan tersebut yang mendesak untuk dicapai, penting dan mana yang memerlukan waktu yang tidak mendesak walaupun penting. Dengan begitu akan jelas arah yang anda lakukan dan waktu yang digunakan. Tetapi ingat bahwa waktu istirahat janganlah dianggap tidak terlalu penting karena kesehatan tubuh harus tetap terjaga dengan baik.

4. Buatlah Jadwal
Buatlah jadwal untuk melakukan kegiatan tersebut. Jadwal bisa dibuat dalam bentuk matrik ( kolom-kolom),baik kegiatan harian, mingguan, bulanan. Lakukan dengan disiplin yang tinggi. Apabila ada kegiatan yang tertunda maka simpanlah dan jangan diabaikan,jadikan prioritas untuk hari,minggu,bulan berikutnya.

5. Evaluasi dengan Objektif
Evaluasilah semua kegiatan yang anda lakukan. Catatlah tujuan yang berhasil dan yang tidak. Berilah komentar terhadap tujuan yang belum berhasil,apa yang menjadi hambatannya. Kita harus menyadari bahwa setiap tujuan yang kita capai belum tentu berhasil semua, tetapi minimal kita sudah menghargai waktu dan hidup akan lebih ringan. Dan tujuan yang berhasil anda capai hendaklah benar-benar anda nikmati karena anda telah menikmati kemenangan yaitu berhasil dalam membagi dan mengatur waktu dengan baik.
Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar