Jumat, 21 Januari 2011

Remaja Gaul dan Kiat-kiat Bergaul


Masa remaja adalah suatu masa transisi atau masa perubahan dari masa anak-anak menuju ke masa dewasa. Remaja tidak mau dikatakan sebagai anak-anak dan tidak boleh disebut sebagai orang dewasa. Pada masa ini perkembangan fisik dan psikhis sangat cepat dalam setiap aspek kehidupannya. Dan pada masa ini masalah hubungan dengan sosialnya juga sangat penting,hubungan dengan teman sebaya khususnya dengan teman lawan jenis. Penghargaan terhadap nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam interaksi sosial. Menghargai peran masing-masing sebagai laki-laki dan perempuan.
Ada 10 ( sepuluh ) etika persahabatan yang harus dijaga oleh remaja dan kelompoknya apabila jalinan persahabatan ingin tetap langgeng ,yaitu :

1. Melakukan banyak hal secara bersama-sama (tidak egois dan tidak individualistis)
2. Bersikap jujur
3. Suka membicarakan tentang ide, harapan dan mimpi, rasa takut dan kecewa.
4. Saling mendorong untuk melakukan hal-hal yang mengarah kepada kebenaran.
5. Bersikap dapat dipercaya dan saling mempercayai
6. Saling menjaga privasi masing-masing
7. Saling mendengarkan dengan sungguh-sungguh ( empaty )
8. Saling memberi motivasi apabila mengalami kesulitan
9. Hubungan akrab saling membantu, tukar pikiran, pengalaman
10. Menikmati kesenangan setiap mencapai keberhasilan.

Ada 10 ( sepuluh ) kiat agar persahabatan atau pergaulan tercipta dengan baik, yaitu :

1. Menebar senyum
Hendaklah anda tidak pelit dalam memberikan senyum pada orang lain baik yang sudah anda kenal atau belum. Hendaklah menebar senyum dilakukan dengan niat yang ikhlas dan tulus. Sabda Rosululloh Muhammad Saw : Senyum itu sedekah.

2. Menghafal nama teman yang baru anda kenal dengan panggilan yang baik.
Upayakan anda hafalkan nama teman-teman yang baru anda kenal dengan panggilan yang baik, karena mengetahui dan memanggil nama teman merasa diperhatikan. Tetapi jangan memanggil dengan nama atau sebutan yang tidak mengenakkan orang yang dipanggil.

3. Mengucapkan salam, berjabat tangan ketika bertemu dan berpisah.
Ucapkan salam ketika bertemu dengan teman,sahabat dan berjabat tangan,karena mengucapkan salam adalah mendoakan agar kita selalu selamat sejahtera dalam lindungan Allah Swt. Dan jabat tangan akan menghapus dosa dan menghilangkan rasa dendam.

4. Menghargai Pendapat
Hargailah pendapat teman-teman anda. Jangan merasa hanya anda yang ingin dihargai mereka. Mungkin pendapat teman anda sangat berarti bagi anda.

5. Berikan Perhatian atau Atensi
Perhatian tidak harus dengan materi, tetapi apapun bentuknya akan menambah tali persaudaraan semakin erat dan kuat. Bisa dengan kata-kata atau ucapan, bisa dengan doa agar teman anda selalu sehat dan sukses, dan sebagainya.

6. Jujur
Jujutr adalah tidak berbohong, apa adanya. Bersikaplah jujur dalam perkataan dan tindakan, karena kejujuran adalah kunci kepercayaan seseorang pada kita. Apabila kita tidak jujur pada orang lain maka tamatlah hubungan pertemanan atau persahabatan kita.

7. Selalu berprangka baik atau Khusnudzon.
Tidak berprangka jelek atau suudzon pada teman atau sahabat kita, tetapi berprangka yang baik-baik atau khusnudzon, karena Allah Swt mengetahui apa yang dilakukan makhluk ciptaanNya.

8. Percaya Diri
Jauhkan rasa rendah diri yang memmbelenggu diri Anda. Karena manusia diciptakan oleh Allah Swt tidak ada yang sempurna, memiliki kekurangan dan kelebihan. Yang membedakan baik tidaknya manusia itu di nata Allah Swt adalah ketaqwaannya kepada Allah Swt. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, banyaklah membaca buku-buku untuk menambah wawasan dan banyak bergaul, sharing ,diskusi dan sebagainya.

9. Suka menolong orang lain.
Kita sebagai makhluk sosial yang selalu memerlukan bantuan atau pertolongan orang lain. Maka hendaklah saling tolong-menolong dalam kebaikan. Tolong-menolonglah dalam kebaikan dan jauhi perbuatan kemunkaran atau dzolim.

10. Silaturahmi
Pertahankan silaturahim aatau silaturahmi, karena dengan bersilaturahim kita akan dipanjangkan umur kita dan dimudahkan urusan-urusan kita. Ciri orang yang beriman adalah apabila selalu menjaga tali silaturahim baik dengan teman, kerabat, keluarganya.
Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar