Rabu, 20 Juli 2011

CITRA DIRI POSITIF

Pengertian

Manusia adalah makhluk yang unik. Tak ada dua orang yang sama di dunia ini. Kember siampun memiliki perbedaan-perbedaan. Perbedaan inilah yang kita kenal dengan cirri khas seseorang.
Yang dimaksud dengan cirri khas/ ciri-ciri diri sendiri pada seseorang ialah tanda-tanda khusus atau karakteristik seseorang yang dapat membedakan seseorang dengan orang lain. Ciri-ciri seseorang dapat dikenal melalui ciri-ciri seseorang dapat dikenal melalui ciri-ciri fisiknya maupun ciri-ciri non fisik.

Ciri Fisik dan Non Fisik

Ciri-ciri fisik mudah sekali untuk dilihat dan dikenali, antara lain : bentuk badan, tinggi badan, berat badan, warna kulit, warna rambut, bentuk hidung, mata, dahi dan lain-lain. Pada masa remaja setiap orang mengalami perkembangan fisik yang begitu pesat misalnya perkembangan tinggi dan bentuk badan suara dan sebagainya.

Mengenali ciri-ciri fisik diri sendiri sangat perlu karena beberapa bidang karier menuntut persyaratan secara khusus, misalnya dalam hal tinggi dan bentuk badan, kesehatan mata, kepekaan pendengaran dan lain-lain.
Oleh karena itu kita perlu mengenali sebanyak-banyaknya ciri fisik yang kita miliki. Seberapa Banyak-banyaknya,cirri-cirifisik yang anda miliki.Seberapa Banyak ciri-ciri fisik yang anda miliki mendukung cita-cita anda disamping itu juga perlu mencari informasi tentang persyaratan fisik suatu pekerjaan tertentu.
Contoh :
Anda bercita-cita menjadi seorang pelaut dan ingin menjadi nahkoda.Sebagai nahkoda anda dituntut memiliki kesehatan badan yang prima, kepekaan pendengaran , ketajaman pengelihatan dan tentu saja anda harus memeriksakan diri apakah anda buta warna atau tidak , karena seorang nahkoda tidak boleh menderita buta warna .

Jelas kiranya memelihara keadaan fisik itu penting sekali .Memelihara dan memperhatikan kondisi fisik tidak hanya terbatas untuk menentukan cita-cita namun juga pergaulan sehari-hari . Karena bagaimanapun juga , tidak dapat dipungkiri bahwa orang lain menilai seseorang itu , dilihat dari fisiknya , dalam hal tertentu kesan pertama setiap orang dapat dilihat dari penampilannya .

Memelihara kesehatan fisik merupakan suatu kewajiban setiap manusia , sebagai rasa syukur terhadap anugrah dari sang pencipta yang tidak ternilai harganya itu .
Ciri – cirri non fisik lebih sulit dikenali dibandingkan cirri – cirri fisik . Ciri –ciri non fisik dapat dikenali melalui tingkah laku dan expresi wajah , tutur kata , dan sikap .Misalnya rasa percaya diri , rendah diri , pemalu , pemberani , rajin , malas , pemurung ,periang , minat , bakat , intelegensi , dan prestasi akademis .

Contoh :
Orang yang pemarah mudah tersulut emosinya dan akan tampak expresi wajahnya yang memerah , mata membelalak , gigi gemeretak . Dan tutur katanya pun kasar tak terkendali . Tingkah laku sipemarah antara lain ada yang memukulnya , membanting pintu dan seterusnya . Dalam hal sikap , pada saat demikian dia tampak tak bersahabat dan tidak ramah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar