Rabu, 20 Juli 2011

KIAT MEMILIH PERGURUAN TINGGI

1. Melihat kemampuan diri
Hal yang perlu diperhatikan untuk memilih jurusan diperguruan tinggi adalah melihat kemampuan diri, kenali prestasi disekolah, mata pelajaran apa saja yang kamu kuasai dan mendapat nilai tinggi. Prastasi akademis disekolah tidak hnaya penting tapi bias menjadi pertimbangan saat kamu memilih jurusan diperguruan tinggi.
Dari prestasi disekolah, kamu bisa mengukur kemampuan diri. Misalkan kalau kamu tidak suka pelajaran matematika dan nilaimu selalu kurang dalam pelajaran matematika maka akan sulit apabila memilih jurusan matematika. Selain prastasi, perhatikan minat dan bakat kamu juga karena hal ini bisa memotivasi kamu untuk meraih prastasi dalam jurusan yang akan kamu pilih nantinya.

2. Coba ikut Psikotes
Untuk memperolah gambaran mengenai kemampuan dan minat diri, ada baiknya kamu mengikuti psikotes lebih dulu. Hasil psikotes bisa membantu kamu untuk lebih mengenali bakat dan minat kamu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat kamu.
Selanjutnya, perlu juga dipikirkan tentang kemampuan financial orang tua. Bagaimanapun kamu harus realistis dalam memilih jurusan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan orang tua, karena ada jurusan yang memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, misalnya jurusan kedokteran.
Pilihlah jurursan yang seseuai dengan balkat, minat dan kemampuan financial orang tuamu, kalau kamu memaksa memilih jurusan yang kurang cocok dengan bakat, minat dan kemampuan finansial orang tuamu maka hal itu bida menghambat perjalanan studimu nantinya.

3. Punya pilihan jurusan yang yang sesuai
Apabila kamu sudah punya pilihan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan finansial orang tuamu, saatnya kamu mempersiapkan diri untuk menhadapi ujian masuk perguruan tinggi. Hal ini juga penting karena persaingan masuk keperguruan tinggi sangat ketat apalagi perguruan-perguruan tinggi negeri yang ternama.karena perguruan tinggi negeri peminatnya banyak.

Ada kiat-kiat agar bisa tembus masuk jurusan dan perguruan tinggi idaman :
• Latihan sebanyak mungkin
Seperti seorang atlit yang ingin bertanding, dia harus latihan terus menerus sebelum berlaga di arena , begitu juga untuk masuk keperguruan tinggi. Makin banyak berlatih bisa membuat kamu makin mahir.
• Bikin program belajar kelompok
Sebaiknya kamu membuat program bimbingan belajar kelompok. Dengan belajar bersama, kamu dapat mengetahui kemampuan diri. Ini tentu saja akan berbeda bila kamu belajar sendiri
• Ikut bimbingan belajar
Kalau perlu kamu bisa ikut bimbingan belajar. Dalam bimbingan belajar kamu akan dilatih mengerjakan soal-soal. Sebaiknya memilih bimbingan yang sudah berpengalaman dan punya reputasi baik.
• Jangan lupa menjaga kesehatan
Jangan sampai sakit. Bila itu terjadi saat memasuki seleksi masuk perguruan tingg, semua yang sudah kamu lakukan dan persiapan bisa-bisa buyar. Kalaupun bisa ikut seleksi, kamu tetap sulit berkonsentrasi penuh dalam kondisi tubuh yang kurang nyaman dan hasilnya tidak akan memuaskan.jadi jagalah kesehatan dengan sebaik-baiknya.
• Berdoa
Selain usaha-usaha diatas, memohon petunjuk dan perlindungan dari tuhan juga penting. Tak kalah pentingnya dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan diri memasuki dunia baru, dunia perguruan tinggi

KESIMPULAN
Dalam memilih jurusan tidak boleh asal memilih dan harus disesuaikan dengan kemampuan bakat dan minat serta kemampuan finansial orang tua agar tidak agar tidak ada masalah dalam melanjutnkan studi nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar